Home » Komputer » Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows Tanpa Ribet!

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows Tanpa Ribet!

admin 28 Februari 2023

Bagaimana cara mengatasi Disk Usage yang penuh 100 persen? Kita bisa melakukan beberapa langkah untun mengatasi masalah ini. Buat kamu yang belum tahu caranya, penting banget untuk membaca ulasan ini sampai selesai. Karena disini bakal mengulas lengkap buat kamu yang mengalami masalah Disk Usage 100.

Sebagai menambah pengetahuan saja, Disk Usage adalah sebuah alat untuk memantau kinerja storage (SSD atau harddisk). Apabila sampai mencapai 100% itu berarti storage sedang bekerja secara penuh. Biasanya Disk Usage penuh sering terjadi tidak hanya disebabkan oleh update Windows 10 saja.

Pasalnya, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan disk 100 antara lain yaitu:

  • Virus malware
  • Penggunaan Windows Search
  • Kerusakan hardware
  • Bug system
  • Penggunaan Java
  • Flash versi lama

Cara Mengatasi Disk Usage 100 Persen

Buat kamu yang ingin cek apakah Disk Usage sudah 100 persen atau belum, kamu bisa mengeceknya dengan cara tekan Ctrl + Alt + Del dan silahkan pilih Tas Manager. Jika memang penuh, kamu bisa mengatasi Disk Usage 100 yang akan kami ulas dibawah ini.

1. Update Widows 10

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa Disk Usage 100 disebabkan oleh update Windows 10.

Berikut cara update Windows 10:

  1. Pertama masuk ke bagian Settings
  2. Selanjutnya pilih opsi Update & Security Settings
  3. Lalu klik Windows Update
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses update Windows 10 selesai.

2. Mengubah Opsi Daya Baterai

Salah satu yang bisa kita lakukan dalam mengatasi disk usage 100 persen Windows 10 adalah dengan mengubah opsi daya pada baterai.

Inilah caranya:

  1. Pertama buka menu Settings pada laptop maupun pc
  2. Selanjutnya kamu masuk ke bagian Daya baterai
  3. Lalu kamu ubah opsi daya, yang awalnya Seimbang atau Balanced kamu ubah menjadi High Perfomance atau sesuai dengan rekomendasi perangkat

3. CMD (Comand Prompt)

Untuk mengatasi disk usage 100 persen yang ketiga adalah dengan memeriksa program file, karena barangkali ada file yang rusak. Untuk menerapkan program ini, kamu bisa memanfaatkan CMD atau Comand Prompt. Berikut caranya:

  1. Pertama buka CMD terlebih dahulu
  2. Ketik perintah ini,
SFC /scannow
DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Silahkan ketikkan satu per satu perintah di atas di CMD lalu tekan Enter.

4. Menonaktifkan Windows Search

Kita peru menonaktifkan Windows Search agar lebih ringan dan salah satu cara mengatasi disk usage 100. Berikut ini caranya:

  1. Pertama jalankan jendela Run dengan tekan Windows + R secara bersamaan
  2. Setelah itu kamu masuk ke bagian Open dan ketik services.msc lalu klik Ok
  3. Berikutnya cari Windows Search pada area services > klik kanan > pilih Properties
  4. Kemudian di bagian tabl General silahkan kamu ubah dari Startup tpe menjadi Disabled
  5. Selanjutnya klik Apply dan Ok
  6. Terakhir kamu tinggal melakukan restrat pada laptop atau PC kamu. Secara otomatis setelah retrart nanti Windows Search sudah kamu nonaktifkan

5. Scan Menggunakan Antivirus

Yang menyebabkan disk usage penuh 100% adalah karena terkena virus pada perangkat. Oleh karena itu kamu perlu melakukan scan Antivirus. Berikut ini akan kami kasih tahu caranya yaitu:

  1. Pertama buka pencarian pada WIndows 10.
  2. Kemudian ketik Windows Security dan silahkan buka aplikasinya
  3. Selanjunya pergi ke menu Virus and Thread protection lalui klik Scan now
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses scan antivirus seesai. Apabia ada virus pada perangkat, kamu bisa langsung menghapusnya
  5. Selesai, selamat kamu sudah berhasil!

Itulah diatas yang bisa kami ulas buat kamu pada kesempatan kali ini tentang bagaimana mengatasi masalah disk usage penuh 100 persen. Semoga artikel ini bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan kamu yaa!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait